2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep







Video 1 berisikan  tentang strategi pembelajaran diferensiasi dan spek pemetaan kebutuhan yang terdiri dari Kesiapan belajar (readiness) murid, Minat belajar murid dan Profil belajar murid.

3 Strategi pembelajaran diferensiasi yaitu :

1.Diferensiasi konten,  

adalah ragam materi yang akan diajarkan kepada siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. 

2.Diferensiasi proses,  yang dapat dilakukan dengan membuat agenda individu, memvariasikan durasi waktu pengerjaan tugas, mengembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan profil belajar siswa.


Cara melakukan diferensiasi proses antara lain:

a.Kegiatan berjenjang

b.Menyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan yang perlu diselesaikan disudut-sudut minat.

c.Membuat agenda individual

d.Memvariasikan lama waktu untuk murid menyelesaikan tugas.

e. Mengembangkan kegiatan bervariasi

f.Menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan dan minat murid.


3.Diferensiasi Produk,

meliputi memberikan tantangan atau variasi dan memberikan murid pilihan bagaimana mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan. Diferensiasi produk, mengacu pada hasil dari proses belajar siswa, bisa berupa hasil tes, presentasi, diskusi, pertunjukan, pidato, video, poster

Diferensiasi produk meliputi memberikan tantangan atau variasi dan memberikan murid pilihan bagaimana mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan.



Video 2 

Pembelajaran berdiferensiasi dibangun dari learning community (komunitas belajar), karakteristik komunitas belajar menurut Carol Ann Tomlinson: lingkungan belajar yang mendukung diferensiasi dibangun dengan membuat:


1. Komunitas belajar

2. Setiap orang di dalam kelas saling menghargai

3. Murid merasa aman,

4. Ada harapan bagi pertumbuhan,

5. Guru mengajak murid untuk mencapai kesuksesan,

6. Adanya bentuk keadilan dalam bentuk nyata.

7. Guru berkolabroasi dengan murid untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bersama



3 jenis assessmen

1. Assessment for learning 

Penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Berfungsi sebagai penilaian formatif. Sering disebut sebagai penilaian yang berkelanjutan (on going assessment)

2. Assessment of learning; 

Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Berfungsi sebagai penilaian sumatif

3.  Assessment as learning; 

Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Penilaian ini juga dapat berfungsi sebagai penilaian formatif.


2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Contoh Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran.

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Perlnya usaha sungguh-sungguh untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi. Perlunya kolaborasi baik dengan murid bahkan dengan orang tua serta Kepala Sekolah, dan rekan guru lainnya.


4. Apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Seperti apakah Perangkat pembelajaran dan format evaluasi yang mudah diterapkan/ aplikatif di kelas?

Post a Comment

0 Comments