1.2.a.8 Koneksi Antar Materi Modul 1.2



 Setelah saya mempelajari modul 1.1 tentang refleksi filosofi pendidikan Ki hajar Dewantara dan modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, banyak hal yang saya pelajari. Bahwa ternyata pendidikan bukan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan. Tapi pendidikan juga menuntun budi pekerti seseorang. Nilai dan peran guru penggerak sangat dibutuhkan untuk mendidik generasi bangsa.

Peristiwa.

Peristiwa atau momen yang berarti bagi saya adalah ketika saya pertama kali mencoba menelaah materi pada eksplorasi konsep pemikiran KHD saya mengatahui bahwa peserta didik adalah ibarat bahan yang siap diolah karena memiliki potensi yang telah ada didalamnya. Sehingga guru hanya dapat memberikan arahan, tuntunan, peserta didik ini berkembang sesuai dengan kodrat alamnya dan kodrat zamannya. Mempelajari nilai dan peran peran guru penggerak. 

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami yakni pada modul 1.1 disampaikan terlebih dahulu definisi pembelajaran yang berpihak pada murid dan dilanjutkan pemberian materi mengenai nilai dan peran guru penggerak yang berkaitan dengan murid pada khususnya dan sekolah, komunitas pendidik maupun pendidikan pada umumnya (pada modul 1.2).

 

Perasaan

Banyak ilmu yang baru yang sangat mencerahkan pemikiran saya. Masih banyak peran peran yang belum saya lakukan sebagai seorang guru kepada siswa, berharap dan bersemangat untuk memperbaiki apa yang kurang dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki. Saya bersyukur menjadi bagian dari pendidikan guru penggerak .

Pembelajaran

Sebelumnya, saya mencoba melaksanakan pembelajaran terbaik menurut saya pribadi tanpa dasar pemikiran yang runtun dan jelas. Namun setelah membaca dan mencermati pemikiran KHD berkaitan dengan pembelajaran yang berpihak dan berpusat pada murid maka penerapannya  di sekolah adalah melakukan model pembelajaran yang mengakomodir gaya belajar peserta didik. Selain itu, saya mulai bisa mengenali nilai dan peran saya di sekolah, setelah membaca materi nilai dan peran guru penggerak pada modul 1.2. Dengan berbekal nilai tersebut, saya menjadi paham, akan saya bawa kemana nilai diri saya demi kemajuan pendidikan.

Penerapan ke depan (Rencana)

Rencana pengembangan diri yang akan saya lakukan mulai dari sekarang adalah;

a. Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Termasuk didalamnya adalah menguatkan kembali literasi sekolah, terutama literasi yang menggunakan Bahasa Inggris.

b. Menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar suasana pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh murid. Mengoptimalkan English corner, berinovasi menyediakan poster berbahasa inggris di sudut-sudut sekolah. Menggerakkan anggota English Club untuk membuat E-Magazine

c. Selalu melakukan refleksi baik pada setiap aktivitas pembelajaran.

d. Menambah ilmu dan wawasan dengan mengikuti bimtek atau pelatihan yang mendukung peran guru penggerak.

e. Melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan, kepada kepala sekolah, rekan sejawat disekolah dan rekan saya di komunitas seperti MGMP dan PGRI

Post a Comment

0 Comments