Setelah saya mempelajari modul 1.1 tentang refleksi filosofi pendidikan Ki hajar Dewantara dan modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, banyak hal yang saya pelajari. Bahwa ternyata pendidikan bukan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan. Tapi pendidikan juga menuntun budi pekerti seseorang. Nilai dan peran guru penggerak sangat dibutuhkan untuk mendidik generasi bangsa.
Peristiwa.
Peristiwa atau momen yang berarti bagi saya adalah ketika saya
pertama kali mencoba menelaah materi pada eksplorasi konsep pemikiran KHD saya
mengatahui bahwa peserta didik adalah ibarat bahan yang siap diolah karena
memiliki potensi yang telah ada didalamnya. Sehingga guru hanya dapat
memberikan arahan, tuntunan, peserta didik ini berkembang sesuai dengan kodrat
alamnya dan kodrat zamannya. Mempelajari nilai dan peran peran guru
penggerak.
Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami yakni pada modul 1.1 disampaikan terlebih dahulu
definisi pembelajaran yang berpihak pada murid dan dilanjutkan pemberian materi
mengenai nilai dan peran guru penggerak yang berkaitan dengan murid pada
khususnya dan sekolah, komunitas pendidik maupun pendidikan pada umumnya (pada
modul 1.2).
Perasaan
Banyak
ilmu yang baru yang sangat mencerahkan pemikiran saya. Masih banyak peran peran
yang belum saya lakukan sebagai seorang guru kepada siswa, berharap dan
bersemangat untuk memperbaiki apa yang kurang dan mengembangkan kelebihan yang
saya miliki. Saya bersyukur menjadi bagian dari pendidikan guru penggerak .
Pembelajaran
Sebelumnya,
saya mencoba melaksanakan pembelajaran terbaik menurut saya pribadi tanpa dasar
pemikiran yang runtun dan jelas. Namun setelah membaca dan mencermati pemikiran
KHD berkaitan dengan pembelajaran yang berpihak dan berpusat pada murid maka
penerapannya di sekolah adalah melakukan
model pembelajaran yang mengakomodir gaya belajar peserta didik. Selain itu, saya
mulai bisa mengenali nilai dan peran saya di sekolah, setelah membaca materi
nilai dan peran guru penggerak pada modul 1.2. Dengan berbekal nilai tersebut,
saya menjadi paham, akan saya bawa kemana nilai diri saya demi kemajuan
pendidikan.
Penerapan ke depan (Rencana)
Rencana
pengembangan diri yang akan saya lakukan mulai dari sekarang adalah;
a.
Melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid. Termasuk didalamnya adalah
menguatkan kembali literasi sekolah, terutama literasi yang menggunakan Bahasa
Inggris.
b.
Menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar suasana
pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh murid. Mengoptimalkan English
corner, berinovasi menyediakan poster berbahasa inggris di sudut-sudut sekolah.
Menggerakkan anggota English Club untuk membuat E-Magazine
c.
Selalu melakukan refleksi baik pada setiap aktivitas pembelajaran.
d.
Menambah ilmu dan wawasan dengan mengikuti bimtek atau pelatihan yang mendukung
peran guru penggerak.
0 Comments